Bacaan Umroh Sesuai Sunnah

Bacaan Umroh Sesuai Sunnah

Mempelajari Berbagai Keutamaan 4 Bacaan Umroh Sesuai Sunnah

Ada berbagai bacaan umroh sesuai sunnah yang calon jemaah perlu hafal dan maknai. Sebut saja niat umroh, bacaan talbiyah, shalawat, doa tawaf, hingga doa sa’i. Namun, masih ada bacaan-bacaan lain yang harus Anda pelajari untuk memaksimalkan umroh dan membuat ibadah sah.

Meski bukan termasuk ibadah wajib, umroh diminati masyarakat Indonesia maupun negara-negara lain untuk mendekatkan diri pada Allah Swt. Maka dari itu, bacaan-bacaan berikut ini harus dimaknai secara mendalam supaya Anda memperoleh keutamaan yang Anda harapkan.

  1. Keutamaan doa setelah pakai baju ihram

Seperti yang diketahui, calon jemaah harus mengenakan baju ihram selama menjalankan umroh. Terdapat doa juga yang ditujukan sebagai bentuk kepatuhan Anda sebagai umat. Jadi, umroh sesuai sunnah yang dilakukan tetap mengikuti aturan yang telah berlaku.

Pakaian umroh dalam konteks ini berperan sebagai pelindung dan pengingat bagi umat Islam untuk menjaga diri mereka. Terutama dari tindakan-tindakan yang diharamkan selama berada dalam ihram seperti memakai wewangian, memotong rambut, berhubungan intim, maupun berburu hewan.

  1. Keutamaan doa saat memasuki kota Mekah

Sepanjang melaksanakan umroh, jemaah akan mengunjungi Mekah dan Madinah. Untuk itu pula, Anda harus membaca doa sebelum memasukinya. Salah satunya di Mekah yang dijadikan tempat yang diharamkan sekaligus aman bagi Allah Swt.

Baca juga: Manasik Umroh Sesuai Sunnah

Keutamaan dari bacaan umroh sesuai sunnah adalah mendapatkan perlindungan Allah Swt, terutama dari siksaan di Hari Kiamat. Doa ini juga dapat dipanjatkan kepada-Nya supaya mereka yang meminta dimasukkan ke dalam golongan wali-wali-Nya serta orang-orang yang taat pada-Nya.

  1. Keutamaan doa memasuki Masjidil Haram

Masjidil Haram yang berlokasi di Mekah menjadi saksi bisu berbagai momen bersejarah. Salah satunya adalah menjadi lokasi Isra Miraj yang dialami Nabi Muhammad Saw. Maka bukan hal yang mengherankan bila banyak umat Islam yang ingin mengunjungi masjid terbesar di dunia tersebut.

Doa yang Anda baca sebelum masuk ke Masjidil Haram mengandung permohonan kedamaian, keselamatan, berkah dari Allah Swt, hingga masuk surga. Selain itu, pintu-pintu rahmat dan ampunan juga akan dibukakan saat Anda berada di Masjidil Haram.

  1. Keutamaan doa saat melihat Ka’bah

Satu lagi bacaan yang sebaiknya Anda ingat adalah doa saat melihat Ka’bah. Di sini, jemaah melakukan tawaf sebanyak tujuh putaran yang menjadi rangkaian umroh. Mengucapkan doa pun akan memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Beberapa keutamaan yang akan Anda dapatkan saat membaca doa saat melihat Ka’bah adalah memohon tambahan keagungan, kemuliaan, kehormatan, dan wibawa. Begitu juga pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, maupun menghormati Ka’bah.

Itulah keutamaan-keutamaan yang akan Anda peroleh saat mengamalkan bacaan umroh sesuai sunnah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk melancarkan ibadah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *