Haji ONH Plus

Haji ONH Plus

Ini Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Haji ONH Plus, yang Harus Anda Ketahui

Walaupun dari sisi biaya terbilang cukup mahal ketimbang haji reguler, namun ada banyak keuntungan yang akan didapat, ketika menggunakan layanan tersebut. Bagi Anda yang tertarik ingin mengikuti haji ONH plus, penting untuk mengetahui apa saja syarat dan tata cara pendaftarannya. Tujuannya tidak lain, agar Anda mudah melakukan pendaftaran, dan memperoleh kuota haji ONH tersebut.

Syarat pendaftaran haji ONH plus

Untuk syarat pendaftaran haji ONH + tidak terlalu banyak, namun tetap harus Anda persiapkan dengan baik. Adapun hal-hal yang dimaksud, antara lain :

  1. Peserta haji ONH+, harus beragama Islam.
  2. Mempunyai kemampuan finansial untuk membayar biaya haji ONH+, atau disebut juga dengan setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji), yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh Menteri Agama.
  3. Mempunyai Surat Keterangan sehat dari Dokter.
  4. KTP dan fotokopi KTP yang masih berlaku.
  5. Kartu keluarga dan fotokopinya.
  6. Kate kelahiran atau bisa juga menggunakan kutipan akta nikah.
  7. Adanya surat keterangan dari pihak PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau juga biro perjalanan pilihan cari calon jamaah.
  8. Pas foto berwarna, menggunakan latar belakang putih, dan tampak wajah minimalnya 80 persen.

Tata cara pendaftaran haji ONH plus

Setelah berbagai macam syarat sudah Anda penuhi, maka berikutnya perhatikan prosedur atau tata cara daftar haji ONH+ itu sendiri, yaitu :

  1.   Langkah pertama, pihak calon jamaah akan menentukan agen Travel Haji Plus, yang akan digunakan, pastikan pilih agen travel yang terpercaya, dan sudah memperoleh izin dari pihak Kemenag RI. Pastikan juga perizinan yang ada masih berlaku.
  2.   Pihak calon jamaah Haji akan menyetor uang tabungan Haji Plus minimalnya sebesar US $ 5.000 atau sekitar 70 juta rupiah. Biaya tersebut, dilakukan untuk memperoleh nomor porsi ONH plus atau nomor antrean haji ONH plus. Dalam hal ini, bukan peserta yang akan mengambil nomor tersebut, melainkan pihak agen perjalanan.
  3.   Setelah memperoleh nomor porsi ONH plus, lalu pihak calon jamaah akan menyerahkan berbagai macam berkas atau syarat ONH plus, pada pihak travel agen.
  4.   Berikutnya, Anda selaku calon peserta, hanya perlu menunggu jadwal keberangkatan, juga mengikuti serangkaian manasik haji yang akan diselenggarakan oleh pihak travel haji.
  5.   Dalam hal ini, pihak calon jamaah dapat melihat nomor porsi serta melihat jadwal keberangkatan secara online, yaitu di situs resmi pihak penyelenggara Haji. Cukup masukkan nomor porsi pada kolom yang tersedia, dan informasi tentang estimasi tahun keberangkatan dan aneka informasi lainnya akan tersedia secara lengkap.

Demikianlah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang syarat dan tata cara mendaftar Haji ONH plus. Jadi bagi Anda yang ingin ikut haji ONH plus, perhatikan dengan baik berbagai informasi di atas, agar rencana ibadah Anda ke Tanah Suci kelak, dapat tercapai dengan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *