Perbedaan Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda

Perbedaan Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda

 

Ibadah haji merupakan rukun islam yang diwajibkan kepada setiap muslim yang memiliki kemampuan untuk menunaikannya baik secara fisik maupun materi. Sebelum menunaikan ibadah haji anda perlu mengetahui beberapa macam program haji yang ada di Indonesia. Terdapat tiga macam program resmi pemberangkatan jemaah haji di Indonesia yang memiliki perbedaan dari segi harga hingga fasilitasnya. Program resmi tersebut adalah Haji Reguler, Haji ONH Plus atau Haji Khusus, dan Haji Furoda. Seperti apa perbedaan dari ketiga program haji tersebut, berikut ulasannya :

Haji Reguler

Haji reguler adalah program haji yang dikelola langsung oleh pemerintah Republik Indonesia. Haji reguler dikoordinir oleh pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Agama Republik Indonesia, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga pemandu haji. Masa tunggu haji diatur berdasarkan kuota yang sudah ditetapkan pemerintah berdasarkan wilayah tempat calon haji mendaftar. Umumnya masa tunggu haji reguler berkisar 11-47 tahun. Adapun biaya haji reguler berdasarkan ketetapan yang ditandatangani Presiden Jokowi pada tahun 2023 berkisar antara Rp 44,3 juta hingga Rp 55,9 juta. Durasi pelaksanaan haji reguler pun relatif lebih lama dari program haji yang lain, yakni berlangsung selama 37-40 hari dari keberangkatan hingga tiba kembali di Indonesia.

Haji Plus

Program haji yang dikenal dengan ONH Plus ini diselenggarakan oleh swasta yang sudah mendapat izin sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Fasilitas yang didapat jelas berbeda dari program haji reguler. Fasilitas haji reguler termasuk standar sedangkan program haji plus menawarkan fasilitas yang lebih eksklusif, dari mulai penginapan yang dekat dengan masjidil haram dan mendapatkan tenda VIP untuk wukuf. Masa tunggu keberangkatan haji plus juga lebih singkat, yaitu sekitar 5-7 tahun. Dengan segala kelebihan program ini, jelas biaya yang perlu dikeluarkan lebih banyak. Biaya haji plus yang disepakati untuk tahun 2023 adalah minimal sebesar USD 17.500 atau setara Rp 200 jutaan.

Haji Furoda

Haji furoda adalah program haji yang menggunakan visa haji furoda atau visa haji undangan resmi dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Haji furoda bisa dari para biro travel umrah yang telah mendapatkan izin dari pemerintah Indonesia. Jadwal keberangkatan haji furoda tidak perlu menunggu, haji ini disebut juga haji tanpa antre atau haji non-kuota. Program haji ini memiliki durasi 16-24 hari dari keberangkatan hingga kepulangan. Dengan biaya haji furoda yang saat ini sebesar USD 26.500 atau setara dengan Rp 400 jutaan, program ini juga menawarkan fasilitas yang lebih mewah dan eksklusif dari program haji yang lain.

Demikian beberapa perbedaan antara haji reguler, plus, dan furoda. Jika anda memiliki dana yang cukup, anda bisa memilih paket haji plus atau haji furoda sehingga tidak perlu menunggu jadwal keberangkatan terlalu lama. Pilihlah PIHK terpercaya yang telah terdaftar di Kemenag, salah satunya Talbia Travel. Semoga Allah mudahkan kita semua yang berniat untuk melaksanakan ibadah haji. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *