Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah

Kenali Syarat dan Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah yang Wajib Anda Ketahui

Apabila Anda ingin mengunjungi Tanah Suci Mekah tanpa harus menunggu antrian lama seperti ibadah haji, maka ibadah umroh bisa menjadi opsi alternatif untuk dipilih. Hal ini dikarenakan, ibadah umroh bisa dijalankan kapan saja sesuai dengan keinginan seseorang. Adapun dalam menjalankan ibadah ini, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui syarat dan tata cara umroh sesuai sunnah. Yang mana, informasi tersebut bisa Anda simak baik – baik di ulasan yang ada di artikel berikut ini.

Syarat umroh sesuai sunnah

Sebagai informasi, umroh merupakan suatu rangkaian ibadah yang di dalamnya terdiri dari thawaf, sa’i dan diakhiri dengan tahallul dan hukumnya sunnah dilakukan oleh setiap orang. Dikatakan disini, bahwa ibadah umroh memiliki banyak peminat di kalangan masyarakat lantaran beberapa hal tertentu di dalamnya. Salah satunya, yakni karena pelaksanaan ibadahnya yang dikatakan fleksibel lantaran bisa dilaksanakan sepanjang tahun dan tidak dibatasi kuota seperti halnya ibadah haji.

Berkaitan dengan hal tersebut, ibadah umroh dan haji memiliki perbedaan dari segi waktu dan pelaksanaannya. Dimana pada ibadah haji biasanya hanya dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah saja. Sementara untuk ibadah umroh biasanya dilakukan tidak terbatas pada bulan tertentu. Sehingga disini dikatakan, bahwa ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja, akan tetapi dikatakan makruh jika dilakukan pada hari Arafah, Idul Adha dan tiga hari tasyriq.

Bagi Anda di rumah yang berencana untuk menjalankan ibadah umroh, maka wajib mengetahui beberapa syarat penting di dalamnya agar ibadah umroh diterima oleh Allah SWT. Beberapa persyaratan penting ibadah umroh, di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Harus beragama Islam.
  • Sudah baligh / dewasa, akan tetapi anak – anak tetap diperbolehkan untuk ibadah umroh meskipun tidak termasuk dalam syarat wajib umroh.
  • Harus berakal sehat dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
  • Calon jemaah umroh dikatakan merdeka.
  • Calon Jemaah umroh dikatakan mampu, baik secara fisik maupun finansial.
  • Harus ada mahramnya bagi calon jemaah umroh perempuan.

Bagaimana tata cara umroh sesuai sunnah yang harus dilakukan seseorang?

Setelah tahu beberapa syarat ibadah umroh, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui beberapa tata cara menjalankan ibadah umroh sesuai dengan sunnah. Yang mana, tata cara ibadah umroh sendiri bisa Anda lihat pada penjelasan berikut ini.

  • Melakukan niat dan memakai ihram.
  • Melakukan thawaf umroh yang dilakukan dengan cara mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.
  • Melakukan sa’i dengan berjalan kaki / berlari – lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah.
  • Tahallul / mencukur rambut sebagai penutup ibadah umroh.
  • Harus melaksanakan ibadah umroh dengan tertib sesuai dengan urutan yang sudah ditetapkan.

Jadi, itulah tadi informasi lengkap mengenai syarat dan tata cara umroh sesuai sunnah yang harus Anda pahami dengan baik sebelum menjalankan ibadah umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *